Skip to content
WhatsApp Image 2024-06-05 at 9.32.52 AM

Mahasiswa S1 Arsitektur FT USK Menjuarai Lomba Kaligrafi MTQMN ke XVII di Universitas Brawijaya

Syarifah Syifa Ul Salsabila meraih juara pertama Kategori Khattil Quran Dekorasi Putri pada ajang Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional (MTQMN) ke XVII yang diselenggarakan di Universitas Brawijaya, Malang. Gadis yang akrab dipanggil Syifa ini merupakan mahasiswi angkatan 2020 Program Studi S1 Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala (FT USK).

Mahasiswi kelahiran Manggeng, Aceh Barat Daya, 15 Februari 2002 ini telah mengasah bakatnya di bidang kaligrafi ayat-ayat suci Al Quran sejak duduk di bangku kelas IX MTsN Darul Ulum Banda Aceh. Bahkan dirinya juga telah sering mengikuti lomba kaligrafi dalam berbagai event, baik di tingkat kecamatan, kabupaten hingga ke provinsi.

Syifa merupakan salah satu dari 27 orang Mahasiswa Kafilah dari USK yang dikirim untuk mengikuti berbagai perlombaan yang diselenggarakan MTQMN ke XVII Universitas Brawijaya, November 2023. Syifa berhasil meraih juara pertama setelah menyisihkan 95 peserta lainnya yang berasal dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, baik negeri maupun swasta.

Direktur Direktorat Prestasi dan Kemahasiswaan USK, Dr. Ir. Rahmat Fadhil, S.TP., M.Sc., yang hadir saat malam closing ceremony pada 9 November 2023 di Gedung Samantha Krida Universitas Brawijaya, mengucapkan selamat dan sukses untuk para pemenang, dan bagi yang belum berhasil masih ada kesempatan dan peluang untuk terus mengasah kompetensi diri agar dapat mengikuti berbagai perlombaan lainnya kedepan.

“Terima kasih untuk seluruh kerja keras para mahasiswa USK yang telah berlatih dan tampil secara optimal pada MTQMN ke XVII di Malang tahun ini. Terima kasih juga kepada para pelatih, khususnya yang telah menghantarkan para mahasiswa kita menjadi juara,” ujar Dr. Rahmat Fadhil yang juga Wakil Ketua Kafilah MTQMN ke XVII dari USK.

Dr. Abd Syukur, yang merupakan Pelatih Khattil Quran Dekorasi, mengungkapkan kebahagiannya atas prestasi yang diraih oleh peserta didiknya.

“Alhamdulillah tahun ini kita telah mengirimkan mahasiswa-mahasiswa terbaik dari USK untuk mengikuti MTQMN,” kata Dr. Abd Syukur.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kewirausahaan USK yang juga merupakan Ketua Kafilah MTQMN ke XVII dari USK, Prof. Dr. Mustanir, M.Sc., menyampaikan rasa syukur dan gembira atas capaian prestasi mahasiswa USK dalam ajang tersebut.

“Saya atas nama pimpinan USK menyampaikan selamat dan rasa gembira atas apa yang kita raih saat ini. Tentu saja kita akan terus mengembangkan kemampuan dan talenta para mahasiswa kita dari waktu ke waktu, termasuk melakukan kaderisasi mahasiswa yang punya potensi sejak sekolah menengah atas,” ujar Prof. Mustanir.

MTQMN ke XVII ini juga turut dihadiri oleh para Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kemitraan dari beberapa fakultas di USK, seperti Dr. Ir. Muhammad Irham, S.Si, M.Si. (Fakultas Kelautan dan Perikanan USK), Dr. Ir. Farid Mulana, S.T., M.Eng. (Fakultas Teknik USK), Dr. rer. nat. Ilham Maulana, S.Si. (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam). Para wakil dekan tersebut hadir secara bergantian sejak tanggal 3 s.d. 10 November 2023.