Skip to content
WhatsApp Image 2024-05-27 at 10.31.39 AM

Dua Mahasiswa Teknik Elektro Fakultas Teknik USK Raih Prestasi Gemilang dan Lulus Tanpa Skripsi di Wisuda ke-161 USK

Dua mahasiswa dari Program Studi Teknik Elektro (PSTE) Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala (FT USK) berhasil mencatatkan sejarah dengan lulus tanpa skripsi pada Wisuda USK ke-161 periode Februari – April 2024. Acara wisuda yang berlangsung di Gedung Academic Activity Center (AAC) Prof. Dr. Dayan Dawood ini diwarnai dengan berbagai prestasi gemilang yang diraih oleh para mahasiswa.

Irmayani, salah satu mahasiswa yang lulus tanpa skripsi, berhasil meraih medali emas pada ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-36 tahun 2023 yang diselenggarakan di Universitas Padjajaran, Bandung. Prestasi ini diraihnya melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) bidang Karsa Cipta dengan judul “Detektor Dugaan Penyakit Paru Obstruktif Kronis dengan Endoscopic Mucosal Recognition pada Mulut Perokok yang Terintegrasi Internet of Things (IoT)”. Program inovatif ini merupakan hasil kolaborasi antara Fakultas Teknik, Fakultas Kedokteran, dan Fakultas Kedokteran Gigi, serta dibimbing oleh Dr. dr. Budi Yanti, Sp.P(K), seorang dokter spesialis penyakit paru. Irmayani menunjukkan bahwa integrasi teknologi dengan bidang medis dapat menciptakan solusi inovatif untuk masalah kesehatan yang kompleks.

Mahasiswa kedua yang juga lulus tanpa skripsi adalah Irfan Wahyuda, yang berhasil meraih medali perak pada program Indonesia International IoT Olympiad yang diadakan pada Juni 2023 di Gedung AAC USK serta juara dua tingkat nasional pada lomba PLN ICE 2022. Prestasi ini menegaskan kemampuan Irfan dalam bidang teknologi IoT dan pemanfaatan energi terbarukan yang semakin relevan di era ini.

Keberhasilan Irmayani dan Irfan Wahyuda menunjukkan bahwa Universitas Syiah Kuala tidak hanya berfokus pada capaian akademik tradisional seperti skripsi, tetapi juga mengakui dan menghargai prestasi mahasiswa dalam bidang penelitian dan inovasi. Hal ini memberikan inspirasi bagi mahasiswa lainnya untuk terus berinovasi dan berprestasi di berbagai bidang.

Ketua Program Studi Teknik Elektro, Dr. Ir. Melinda, S.T., M.Sc., IPU., ASEAN Eng., dalam pesannya menyampaikan rasa bangga dan apresiasinya terhadap prestasi yang telah diraih oleh kedua mahasiswa tersebut. “Prestasi Irmayani dan Irfan Wahyuda membuktikan bahwa mahasiswa USK mampu bersaing dan berinovasi di tingkat nasional dan internasional. Kami berharap mereka terus mengembangkan potensi dan kontribusinya di masa depan. Kepada seluruh mahasiswa, jadikanlah keberhasilan mereka sebagai motivasi untuk terus berprestasi dan berinovasi. USK selalu mendukung kalian dalam meraih mimpi-mimpi besar,” ujarnya.

Dengan lulusnya Irmayani dan Irfan tanpa skripsi, USK semakin memperkuat posisinya sebagai institusi pendidikan tinggi yang mendorong inovasi dan pengembangan teknologi demi kemajuan bangsa.