Skip to content
Desain tanpa judul (8)

Mahasiswa Teknik Kimia USK Menjuarai Kompetisi Internasional 2nd ICOFIMIT 2023

Tiga mahasiswa Universitas Syiah Kuala dari Fakultas Teknik Jurusan Teknik Kimia kembali berhasil membuat prestasi yang membanggakan pada ajang 2nd International Competition of Five Minutes Thesis 2023 (ICOFIMIT 2023). Ketiga mahasiswa yang mewakili kampus Jantong Hatee Rakyat Aceh tersebut bernama Habil Dian Ramadhan sebagai ketua tim, Muhammad Alif Kinan dan Afdhal Mujaddid sebagai anggota tergabung ke dalam tim yang bernama The Gabe Oil. Tim tersebut menjadi satu-satunya perwakilan Universitas Syiah Kuala yang berhasil meraih Medali Emas pada ajang kompetisi internasional bergengsi tersebut. Kompetisi 2nd ICOFIMIT 2023 ini diselenggarakan oleh UCSI University dan Kolej Vokasional Kementerian Pendidikan Malaysia. Adapun peserta di dalam kompetisi 2nd ICOFIMIT 2023 terdiri dari ratusan perwakilan dari universitas-universitas di dunia seperti Universiti Teknologi Petronas, Singapore University of Technology and Design, Universiti Teknologi Mara (UiTM) Malaysia, Universitas Brawijaya, dan lainnya. 2nd ICOFIMIT 2023 merupakan ajang adu inovasi dan berpikir kritis para peneliti muda dalam mempresentasikan hasil karya yang telah mereka lakukan yang dalam ini mereka. Pengumuman juara diberlangsungkan pada hari Senin tanggal 20 November 2023 melalui Platform GoTo. Adapun dalam kompetisi ini, The Gabe Oil Team dibimbing oleh Dr. Ir. Farid Mulana, S.T., M.Eng., dosen tetap pada Jurusan Teknik Kimia sekaligus Wakil Dekan Kemahasiswaan, Alumni, dan Kemitraan Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala. Dalam aktivitas harian mereka dimentoring oleh mahasiswa Teknik Kimia lainnya yang selama ini sudah mengikuti dan memperoleh beberapa prestasi nasional dan internasional yaitu Qodri Yudit Angesta.

The Gabe Oil mengusung judul “Production of Liquid Glucose From Sugarcane Waste Through the Delignification-Hydrolysis Process”. Tujuan dari karya ini bertujuan untuk memanfaatkan limbah tebu secara efisien. Dalam konteks ini, tujuan penelitian bisa mencakup cara untuk mengubah limbah tebu menjadi produk bernilai tambah seperti glukosa cair melalui proses delignifikasi dan hidrolisis. Hal tersebut dikarenakan ampas tebu memiliki kandungan selulosa dan hemiselulosa yang cukup tinggi. “Alhamdulillah kami sangat bersyukur atas pencapaian ini yang Insyaa Allah menjadi batu loncatan bagi kami (Mahasiswa Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Syiah Kuala) untuk terus berprestasi mengharumkan nama Universitas Syiah Kuala dan Provinsi Aceh di kancah nasional dan Internasional” kata Habil Dian Ramadhan.

Alasan yang mendasari mereka mengangkat ide atau topik tersebut di atas adalah dikarenakan perhatian mereka akan potensi limbah biomassa yang dapat dimanfaatkan kembali. “Adapun alasan kami mengangkat topik ini adalah dikarenakan kami melihat masih banyak limbah-limbah yang berasal dari biomassa yang masih dibuang sia-sia. Padahal limbah-limbah tersebut jika diolah melalui serangkaian proses dapat dimanfaatkan kembali menjadi sesuatu yang sangat useful bahkan bernilai ekonomis. Tentunya, keilmuan teknik kimia sangat diperlukan disini.” kata Muhammad Alif Kinan dan Afdhal Mujaddid yang senada. Kemudian Ketua tim menambahkan “Kami juga mengucapkan terima kasih banyak kepada pembimbing kami, Dr. Ir. Farid Mulana, S.T., M. Eng dan mentor kami, Qodri Yudit Angesta yang telah memberikan arahan dan bimbingan sehingga kami berhasil menjuarai dan bahkan menjadi yang terbaik di kompetisi internasional bergengsi ini.

Wakil Dekan Kemahasiswaan, Alumni dan Kemitraan Fakultas Teknik, USK Dr. Ir. Farid Mulana, S.T., M.Eng. selaku penanggungjawab kegiatan mahasiswa di FT USK sangat mengapresiasi prestasi yang sudah diraih dan memuji alasan yang mendasarinya mengangkat topik tersebut karena sangat tepat dan brilian. Dekanat Fakultas Teknik akan selalu membantu dan memfasilitasi mereka untuk mewujudkan keinginan mengikuti kompetisi tersebut dan ini juga merupakan salah satu program unggulan dari Fakultas Teknik untuk terus melahirkan bibit-bibit berprestasi.