Skip to content
WhatsApp Image 2023-11-20 at 11.26.01 AM(1)

Mahasiswa FT USK Berhasil Membawa Dua Penghargaan Bergengsi Internasional di Ajang MCECC 2023

Kabar membahagiakan datang dari tiga mahasiswa FT USK yang diwakili tim Koetaradja ChemE Car USK yang berhasil meraih dua penghargaan dari ajang ChemE-car Competition tingkat Asia Tenggara yang berlangsung di UiTM Shah Alam, Malaysia 4-5 November 2023. Tim ini diketuai oleh Farid Muhammad Arie (Teknik Kimia 2020), dengan anggota Habil fadhlurrahman (Teknik Kimia 2020) dan Ajmalur Rijal (Teknik Mesin 2021). Tim Koetaradja dibimbing oleh Prof Dr. Ir. Marwan, IPU  yang juga Rektor USK dan Ir. Hisbullah ST, M.EngSc Dosen Tetap pada Jurusan Teknik Kimia FT USK.

Dari sisi sejarahnya, Koetaradja adalah nama dari tim Chemical Engineering Car Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala yang lahir sejak 2016. Koetaradja telah ikut berpartisipasi dalam ICRCC CHERNIVAL 2018 di Institut Teknologi Sepuluh Nopermber, Surabaya. Pada kompetisi ini  Koetaradja berhasil masuk babak grand final pada posisi  kedua terbaik tingkat Internasional dan meraih penghargaan Best Video Profile. Tahun 2019, Koetaradja ikut MCECC (Malaysian Chemical Engineering Cars Competition) dan berhasil meraih peringkat ke-8 Race Competition dan peringkat ke-8 Best Poster dari 66 tim dari seluruh dunia. Sedang tahun 2021, Koetaradja ikut ICRCC di ITS Surabaya dan meraih penghargaan sebagai Most Eco Friendly Car in Competition. Tahun 2022 lalu, Koetaradja juga meraih penghargaan di kompetisi PGD-UI Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat.

Kompetisi MCECC (Malaysian Chemical Engineering Car Competition) 2023 yang dinaungi oleh IEM (institution of Engineer) Malaysia diikuti peserta dari berbagai universitas di Asia Tenggara termasuk dari Indonesia. Dari total 28 tim yang berpartisipasi, tim Koetaradja berhasil menyabet dua penghargaan sekaligus yaitu peringkat 4 Best Poster Competition Category dan peringkat 9 Top car performance competition, mengalahkan tim-tim besar dari indonesia dan malaysia.

Kompetisi ChemE-Car MCECC 2023 bertujuan untuk menciptakan prototype mobil reaksi kimia yang efisien serta dapat menyelesaikan tantangan berupa menendang bola serta menjalankan mobil sesuai finish line yang ditentukan. Tim koetaradja sendiri membawa konsep mobil gas oksigen bertekanan dari reaksi dekomposisi hidrogen peroksida dengan sistem penendang depan yang terhubung kepada roda sehingga menciptakan momentum yang sangat kuat.

”Alhamdulillah, prestasi ini merupakan pencapaian yang tidak lepas dari dukungan orang tua, kerjasama tim, serta arahan dari dosen pembimbing yang senantiasa membimbing kami. Harapannya tim ini bisa menjadi lebih kompak dan dapat mengharumkan nama USK terus ke depannya” ucap farid selaku ketua tim.

Wakil Dekan Kemahasiswaan, Alumni dan Kemitraan Fakultas Teknik, USK Dr. Ir. Farid Mulana, S.T., M.Eng. yang bertanggungjawab pada semua kegiatan mahasiswa di FT USK sangat bangga dengan prestasi ganda ini dan mendukung penuh segala kegiatan yang memunculkan ide inovasi terbarukan dalam hal menciptakan prototype mobil berbahan bakar kimia yang berkelanjutan dan juga bersih di masa yang akan datang

Sementara itu, Dekan Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala, Prof. Dr. Ir. Alfiansyah Yulianur BC, IPU  sangat mengapresiasi perolehan prestasi ketiga mahasiswa Fakultas Teknik ini. Menurutnya, prestasi yang berhasil diraih merupakan bukti nyata dari dedikasi dan kerja keras yang telah  dipersembahkan mahasiswa untuk kemajuan bersama. “Mereka telah menjadi inspirasi bagi mahasiswa-mahasiswa lain di Fakultas Teknik untuk terus maju dan berprestasi,” ujarnya.